• ib-banner

    BPRS Amanah Rabbaniah terdaftar dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan

    TABEL DISTRIBUSI BAGI HASIL BPRS AMANAH RABBANIAH

    Periode September 2019  |  per 1.000.000
    Jenis Produk Rupiah % Nisbah
    Tabungan IB Rencana 5882 29 %
    Deposito 1 bulan 5072 25 %
    Deposito 3 bulan 5882 29 %
    Deposito 6 bulan 6696 33 %
    Deposito 12 bulan 7304 36 %
    Program Umroh Cicilan BPR Syariah Amanah Rabbaniah

    Bismillahirahmanirrahim,

    Program umroh cicilan yang diadakan oleh BPR Syariah Amanah Rabbaniah ( Baca Bank Amanah ) merupakan sebuah program kerjasama dengan PT. Karya Imtaq dimana BPRS Amanah Rabbaniah melalui travel PT. Karya Imtaq menyediakan paket umroh dengan fasilitas dan harga tertentu yang dapat diperoleh nasabah dengan sistem pembayaran cicilan selama periode / jangka waktu tertentu.

    Program umroh cicilan ini diadakan sebagai bentuk solusi bagi nasabah yang memiliki keterbatasan dana tunai tetapi sangat berkeinginan untuk dapat pergi melaksanakan ibadah umroh .

    Program ini juga ditujukan kepada nasabah yang biasa merencanakan pemenuhan suatu barang atau jasa dengan sistem pembayaran cicilan.

    Dua karakteristik nasabah diatas relatif sangat banyak dan mayoritas merupakan nasabah BPRS Amanah Rabbaniah yang aktif, sehingga kemudian difasilitasi dalam bentuk program umroh cicilan.

    BPRS Amanah Rabbaniah sangat menyadari bahwa nasabah peserta program umroh cicilan harus memiliki ketentraman dalam status hukumnya maka BPRS Amanah Rabbaniah memohon fatwa terlebih dahulu kepada Dewan Hisbah Persatuan Islam.

    Dewan Hisbah pada sidangnya tertanggal 9 Januari 2012, setelah mempelajari mekanisme dan ketentuan program umroh cicilan yang diadakan oleh BPRS Amanah Rabbaniah, memutuskan dan memberikan panduan kebolehan program tersebut sepanjang memenuhi unsur syariahnya. ( Hukum Umroh Cicilan Dewan Hisbah Persatuan Islam Download PDF )

    Kebolehan ini akan sangat berbeda dengan keputusan Dewan Hisbah terkait dengan Program Dana Talangan Haji yang pernah mengundang kontroversi terutama dikalangan jamaah Persatuan Islam, dimana Dewan Hisbah menetapkan status haram untuk Dana Talangan Haji ( Fatwa Dana Talangan Haji Dewan HisbahDownload PDF ).

    Pada program Umroh cicilan, bank memesan ( membeli ) fasilitas paket umroh kepada karya imtaq ( misal booking satu bis berjumlah 45 orang ) dengan harga tertentu. Bank kemudian menjual paket umroh tersebut dengan harga jual tertentu yang dapat dicicil selama periode waktu tertentu.

    Nasabah tidak menerima uang, tetapi memperoleh fasilitas umroh (seperti manasik umroh, fasilitas transfortasi dan akomodasi, fasilitas hotel, dll), kemudian membayarkannya secara cicilan dalam jangka waktu yang telah disepakati.

    Sistem ini merupakan bentuk tijarah biasa, sama seperti halnya seseorang menjual karcis nonton Persib dengan harga jual tertentu.

    Keuntungan yang diperoleh dari sistem tersebut diatas adalah murni keuntungan transaksi tijarah, dan ini diperbolehkan secara syar’i.

    Berbeda dengan umroh cicilan, maka Dana Talangan haji ditetapkan tidak boleh karena penetapan adanya tambahan/ kelebihan ( yang disebutkan dengan istilah ujroh) tidak bisa dilepaskan dari dana pinjaman (Qardh) yang diterima nasabah, sehingga tidak diperbolehkan secara syar’i.

    BPRS Amanah Rabbaniah atau Bank Amanah memiliki Dewan Pengawas Syariah tersendiri, yaitu Al Ustadz KH Aceng Zakaria dan Al Ustadz DR H. Ahmad Hasan Ridwan, Mag, yang mengawasi pelaksanaan program tersebut agar sesuai dengan ketentuan syariat.

    Program Umroh cicilan ini (  prosedur pendaftaran) insya Alloh akan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan permintaan nasabah bank amanah.

    Untuk pemberangkatan tahun 2018 ini akan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2018 dan tanggal 09 Nopember 2018.

    «
    »